Jenis Surat
Jenis Surat secara umum dikelompokkan menjadi tiga yaitu surat pribadi, surat
dinas, dan surat niaga. Tetapi apabila dilihat dari bentuknya jenis surat ada dua yaitu isi, dan
bahasanya. Sedangkan berdasarkan pemakaiannya Jenis Surat dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu surat pribadi, surat resmi, dan surat
dinas.
Surat pribadi
Surat pribadi merupakan surat yang dipakai untuk kepentingan pribadi atau perorangan.
Surat Pribadi ini dapat berupa hubungan korespondensi antara sesama teman, keluarga, atau kenalan. Dalam Surat Pribadi mempunyai cri-ciri surat yaitu :
- Tanpa menggunakan kop surat
- Tanpa ada nomor surat
- Salam pembuka dan penutup tidak terpacu pada aturan dan jenisya bervariasi
- Bahasa surat yang dipakai bebas tidak terikat, sesuai keinginan si penulis surat
- Format surat bebas
Surat Resmi
Surat resmi Merupakan surat yang digunakan untuk kepentingan resmi, baik
perseorangan, instansi, maupun organisasi dan biasanya atas nama lembaga atau institusi. sebagai contoh undangan, surat
edaran, dan surat pemberitahuan, surat perintah, surat teguran, surat ucapan terima kasih, surat permohonan kerjasama. Adapun ciri ciri dari sebuah surat yang resmi adalah :
- Terdapat kop surat instansi atau organisasi yang dipakai secara resmi
- Terdapat nomor surat, lamppiran dan perihal
- Menggunakan kata pembuka dan penutup dan lazim dan sopan
- Menggunakan bahasa resmi dan baku
- Terdapat pengesahan berupa tanda tangan atau cap / stempel dari instansi
- Surat terformat sesuai dengan aturan baku penulisan surat
Bagian dari Surat Resmi Yaitu :
Kop surat resmi terdiri dari :
- Nama instansi/lembaga, ditulis dengan huruf besar
- Alamat instansi/lembaga, ditulis dengan variasi huruf besar dan kecil
- Logo instansi/lembaga terdapat disebelah kanan atau kiri dari nama dan alamat instansi / lembaga
- Nomor surat, Nomor urutan pengeluaran surat dan dibuat dengan format dan kode tertentu sesuai administrasi perkantoran
- Lampiran, lembara lain selain surat sebagai bukti penunjang surat
- Perihal, Garis besar dan tujuan surat dibuat
- Tanggal surat (penulisan di sebelah kanan sejajar dengan nomor surat)
- Alamat yang dituju merupakan alamat tujuan dan biasanya menyebut ke keala/pimpinan instansi/kantor atau nama perseorangan
- Pembuka/salam pembuka secara resmi dan baku diakhiri dengan tanda koma
- Isi surat inti dari surat dibuat dan dijabarkan secara terperinci
- Uraian isi berupa uraian hari, tanggal, waktu, tempat, keperluan dan sebagainya
ditulis dengan huruf kecil, sesuai dengan agenda kegiatan, pemberitahuan atau perintah yang harus dilakukan
- Penutup surat
Penutup surat resmi , berisi :
- salam penutup secara formal dan baku
- jabatan penanggung jawab instansi pengundang/pemberi tahu
- tanda tangan penanggung jawab instansi pengundang/pemberi tahu
- nama (biasanya disertai nomor induk pegawai atau NIP)
Berupa penyertaan/pemberitahuan kepada atasan tentang adanya suatu kegiatan yang akan dilaksanakan dan mempunyai bentuk sama seperti surat yang sudah dikeluarkan dan saat ini tebsan juga sebagai arsip Persuratan
Surat Niaga
Surat niaga merupakan surat yang digunakan bagi badan yang menyelenggarakan kegiatan usaha
niaga seperti industri dan usaha jasa atau UKM. Surat ini sangat berguna dalam
membangun hubungan dengan pihak luar sehingga harus disusun dengan baik dan rapi sekaligus laporan jika ada dalam pelaksanaan kegiatannya.
Contoh penggunaan Surat Niaga antara lain : surat jual beli, kwintansi,penawaran, peradilan, perjanjian, dan perdagangan;
dan dapat dibagi kembali atas surat niaga internal dan surat niaga eksternal. Salah satu contoh dari surat niaga adalah surat penawaran dan surat penagihan.
Surat Dinas
Surat dinas merupakan surat untuk kepentingan pekerjaan formal seperti
instansi dinas dan tugas kantor. Surat ini penting dalam pengelolaan
administrasi dalam suatu instansi. Fungsi dari surat dinas yaitu sebagai dokumen bukti tertulis, alat
pengingat berkaitan fungsinya dengan arsip, bukti sejarah atas
perkembangan instansi, dan pedoman kerja dalam bentuk surat keputusan
dan surat instruksi. Ciri-ciri surat dinas.
- Terdapat kop surat dan instansi atau lembaga yang bersangkutan
- Terdapat bonus nomor surat, lampiran, dan perihal
- Terdapat salam pembuka dan penutup yang baku dan resmi
- Menggunakan bahasa baku atau ragam resmi
- Menggunakan cap atau stempel instansi atau kantor pembuat surat
- Format surat tertentu yang sudah ditetapkan
Surat Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan merupakan surat yang dibuat dan dikirimkan oleh
seseorang yang ingin bekerja di sebuah kantor, perusahaan ataupun
instansi tertentu untuk mendapatkan suatu upah tertentu. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat dinas atau
resmi. Maka dari itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus
diperhatikan dalam penulisannya. Adapun bagian-bagiannya meliputi bagian-bagian seperti berikut ini.
- Tempat dan tanggal pembuatan surat
- Nomor surat
- Lampiran
- Hal atau perihal
- Alamat tujuan pengiriman pusat
- Salam pembuka
- Isi surat yang terbagi lagi menjadi tiga bagian pokok yaitu :
- paragraf pembuka
- isi surat
- paragraf penutup
- Salam penutup
- Tanda tangan dan nama terang
Surat Elektronik
Sesuai dengan kemajuan jaman, surat pun semakin mengalami
pembaharuan, misalnya dengan adanya surat elektronik. Surat elektronik
atau disingkat dengan nama surel merupakan surat yang pengirimannya berbasis pada penggunaan
internet (Teknologi Informasi). Diawali oleh perusahaan dengan nama Olt Break and Newman
dikontrak oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk membuat ARPANET pada tahun 1969. ARPANET ini singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network yang bertujuan untuk menciptakan metode komunikasi antara intitusi pendidikan dengan militer.
Pada tahun 1971, Ray Tolimson yang bertugas dalam proyek
SNDMSG
yang berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan dalam mesin yang sama bereksperimen dengan SNDMSG untuk meninggalkan pesan di
komputer sehingga muncul lah protokol
CYPNET
yang mampu mengirimkan pesan ke komputer lain yang masih berada dalam
jaringan ARPANET. Ini lah yang menjadi cikal bakal surat elektronik atau email.
Dalam Bahasa Indonesia Surat Elektronik sering disingkat dengan kata surel, yang dalam bahasa inggrisnya adalah email atau electric mail.
Untuk mengakses surel, kita bisa menggunakan berbagai macam cara dan platform. Pertama dengan menggunakan
browser seperti internet explorer atau mozilla firefox ataupun opera atau browser yang lain. Surel dengan basis
browser biasanya disediakan secara gratis. Kedua dengan program pengakses surel seperti
Microsoft Outlook. Keuntungannya kita tidak harus selalu membuka internet untuk membuka surel dikarenakan semua pesan email bisa didownload ke dalam pc sendiri dan dibuka/dibaca tanpa harus terkoneksi ke internet.
https://id.wikipedia.org/wiki/Surat